Implementasi Hak Anak Pada Keluarga Petani (Studi Kasus Implementasi UU Nomor 23 Tahun 2002 Di Dusun Ngabean Desa Sroyo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun 2014)

DARYANTI, NINIK and , Drs. Achmad Muthali’in, M.Si. (2014) Implementasi Hak Anak Pada Keluarga Petani (Studi Kasus Implementasi UU Nomor 23 Tahun 2002 Di Dusun Ngabean Desa Sroyo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (692kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman dan implementasi hak anak pada keluarga petani di Dusun Ngabean Desa Sroyo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar yang didasarkan pada peraturan perundang-undangan tentang Perlindungan Anak, yaitu UU No. 23 Tahun 2002. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen atau arsip. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik atau metode pengumpulan data. Metode penelitian menggunakan teknik analisis interaktif. Analisis interaktif digunakan untuk membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Keluarga petani di Dusun Ngabean Desa Sroyo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar belum memahami bahwa hak anak diatur dalam peraturan perundang-undangan. 2) Implementasi hak anak oleh keluarga petani di Dusun Ngabean Desa Sroyo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar sudah dilaksanakan dengan baik, meskipun belum maksimal. 3) Kendala pelaksanaan, yaitu masalah biaya, keyakinan orang tua yang salah, buta hukum, tidak ada kerjasama antara pihak-pihak dari instansi terkait, dan kurangnya sosialisasi dari pemerintah. 4) Solusi mengatasi kendala pelaksanaan, yaitu perlunya kerjasama antara pihak orang tua, masyarakat, dan pemerintah, perlunya kesadaran orang tua berprofesi petani untuk lebih mengerti anak, penyediaan anggaran khusus dari pihak orang tua berprofesi petani maupun pemerintah desa untuk memperlancar pelaksanaan hak anak, dan pemerintah lebih giat melakukan sosialisasi tentang arti pentingnya pelaksanaan hak asasi anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kunci: implementasi, hak anak, keluarga petani, UU No. 23 tahun 2002
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Mar 2014 12:47
Last Modified: 18 Oct 2021 01:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28448

Actions (login required)

View Item View Item