Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Melalui Kegiatan Montase Pada Kelompok B TK Pertiwi Ngaran Ii Polanharjo Tahun Pelajaran 2013/2014

Pratami, Oktori Wida and , Sri Slamet, S.Pd, M.Hum. and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. (2014) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Melalui Kegiatan Montase Pada Kelompok B TK Pertiwi Ngaran Ii Polanharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (942kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (535kB)

Abstract

Penelitian ini adalah tentang upaya meningkatkan kecerdasan visual spasial anak melalui kegiatan montase. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan visual spasial anak dengan menggunakan kegiatan montase. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas rangkaian empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus berulang. Empat kegiatan utama yang ada pada setiap siklus, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data tentang kecerdasan visual spasial pada anak yang diambil melalui metode observasi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B dengan jumlah 14 anak dan guru TK Pertiwi Ngaran II Polanharjo. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan visual spasial anak melalui kegiatan montase. Peningkatan tersebut yaitu pada siklus I mencapai ratarata penilaian anak 64% dengan peningkatan dari prasiklus sebesar 25%. Pada siklus II mencapai rata-rata penilaian anak 85% dengan peningkatan mencapai 21%. Hal ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil pembelajaran kecerdasan visual spasial anak dalam satu kelas sebelum tindakan 39%, siklus I mencapai 64%, dan siklus II 85%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan montase dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial anak kelompok B di TK Pertiwi Ngaran II Polanharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan visual spasial, montase
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 26 Mar 2014 11:59
Last Modified: 17 Oct 2021 07:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28442

Actions (login required)

View Item View Item