Peranan Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Dalam Mewujudkan Pengembangan Budi Pekerti Siswa (Studi Deskriptif Ekstrakurikuler Kepramukaan Kelas VII di SMP Negeri 22 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014)

SUTRIS, SUTRIS and , Drs. Suyahman, M.Si., M.H. (2014) Peranan Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Dalam Mewujudkan Pengembangan Budi Pekerti Siswa (Studi Deskriptif Ekstrakurikuler Kepramukaan Kelas VII di SMP Negeri 22 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (447kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah,1) Untuk mendeskripsikan peranan pelaksanaan pembinaan pengembangan budi pekerti siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan Kelas VII di SMP Negeri 22 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. 2). Untuk mendeskripsikan Kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam mewujudkan pengembangan budi pekerti melalui kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan di kelas VII SMP Negeri 22 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014.3) Untuk mendeskripsikan upaya-upaya apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala dalam mewujudkan pengembangan budi pekerti siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan Kelas VII di SMP Negeri 22 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengkaji informasi tentang peranan kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dalam mewujudkan pengembangan budi pekerti siswa SMP Negeri 22 Surakarta. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus, yang diharapkan mampu mengungkapkan dan memahami kenyataan-kenyataan yang terjadi secara intesif dan mendalam yang berkenaan dengan fenomena di atas. Teknik pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi Hasil penelitian ini menujukan bahwa: (1) Pelaksanaan pembinaan pengembangan budi pekerti siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan Kelas VII di SMP Negeri 22 Surakarta adalah Sebelum pelaksanaan ekstrakulikuler kepramukaan di mulai terlebih dahulu kita disuruh membaca do’a dan sopan terhadap dewan pembina dan pembina pramuka, sehingga terjalin hubungan yang baik di antara kita semua. (2) Kendala -kendala yang ada di dalam kegiatan kepramukaan dalam mewujudkan pengembangan budi pekerti siswa, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu rasa malas dalam diri siswa. Sedangkan faktor eksternal yaitu perlengkapan kegiatan kepramukaan yang kurangmemadai dan kurangnya kepedulian orang tua siswa dan masyarakat. (3) Upaya-upaya yang dilakukan untuk menanggulangi kendala-kendala mewujudkan pengembangan budi pekerti siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan yaitu dengan cara: (a) program latihan dibuat menantang dan menyenangkan, (b) pemberikan penghargaan siswa yang aktif, (c) ditambah sarana dan prasarana kepramukaan, dan (d) memanfaatkan lingkungan sekolah dan masyarakat sebagai sarana latihan pramuka.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peranan, Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan, Pengembangan, Budi Pekerti
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Mar 2014 11:57
Last Modified: 16 Oct 2021 13:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28440

Actions (login required)

View Item View Item