Caraswati, Santi and , Drs. Yulianto Bambang Setyadi, M.Si, (2014) Analisis Isi Buku Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kurikulum 2013 Dalam Pembentukan Karakter Bangsa Pada Siswa SMP Kelas VII. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (460kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (963kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (693kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan muatan karakter dalam Buku Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kurikulum 2013 pada Siswa SMP Kelas VII. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Objek yang diteliti dalam penelitian ini yaitu pembentukan karakter siswa dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi teknik sumber data dan kedua, triangulasi teknik pengumpulan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis isi. Berdasarkan Analisis Isi Buku Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kurikulum 2013 SMP Kelas VII memuat pembentukan karakter sebagai berikut: 1) BAB I memuat pembentukan karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, demokratis, semangat kebangsaan, bersahabat, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab, 2) BAB II memuat pembentukan karakter religius, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab, 3) BAB III memuat pembentukan karakter religius, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, dan tanggung jawab, 4) BAB IV memuat pembentukan karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab, 5) BAB V memuat pembentukan karakter toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab, 6) BAB VI memuat pembentukan karakter toleransi, disiplin, mandiri, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, cinta damai, dan tanggung jawab, 7) BAB VII memuat pembentukan karakter religius, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab, dan 8) BAB VIII memuat pembentukan karakter religius, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis isi, Pendidikan PKn, Kurikulum 2013, Pembentukkan karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 Mar 2014 08:45 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 13:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28425 |
Actions (login required)
View Item |