Representasi Fashion Sebagai Kelas Sosial dalam Film (Studi Semiologi Representasi Fashion Sebagai Kelas Sosial dalam Film The Devil Wears Prada dan Confessions of a Shopaholic)

Mutmainah, Arifianti and , Rinasari Kusuma, M.I.Kom (2014) Representasi Fashion Sebagai Kelas Sosial dalam Film (Studi Semiologi Representasi Fashion Sebagai Kelas Sosial dalam Film The Devil Wears Prada dan Confessions of a Shopaholic). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (131kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis bagaimana fashion sebagai suatu fenomena, dimana fashion menjadi salah satu cara dalam mengkomunikasikan identitas kelas sosial seseorang. Fenomena tersebut ditunjukkan dalam film The Devil Wears Prada dan Confessions of a Shopaholic yang digunakan sebagai objek penelitian. Dalam kedua film tersebut pakaian digambarkan sebagai bagian penting dalam kehidupan kerja dan industri fashion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menginterpretasikan tanda-tanda mengenai fashion sebagai kelas sosial yang ditunjukkan dalam film The Devil Wears Prada dan Confessions of a Shopaholic. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif kualitatif dengan pendekatan metodologi semiotika komunikasi. Studi semiotika yang digunakan adalah semiotika Roland Barthes, dimana untuk mencari makna menggunakan denotasi yang merupakan signifikasi tahap pertama, konotasi yang merupakan signifikasi tahap kedua, dan mitos yang digunakan untuk mendukung makna yang ada. Studi semiotik digunakan untuk menganalisis tanda-tanda fashion yang terdapat pada kedua film yang digunakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dalam film The Devil Wears Prada dan Confessions of a Shopaholic menunjukkan tanda-tanda mengenai fashion sebagai kelas sosial. Fashion dalam kedua film tersebut ditunjukkan sebagai fashion kelas atas karena menggunakan atribut fashion yang berasal dari merek terkenal dan dengan harga yang mahal. Identitas kelas sosial ditunjukkan melalui merek/brand fashion, jenis pakaian, bahan pakaian, warna pakaian, aksesoris, dan fashion itu sendiri sebagai gambaran status sosial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Semiotika, Fashion, Kelas Sosial, Film.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 21 Mar 2014 12:13
Last Modified: 18 Oct 2021 06:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28385

Actions (login required)

View Item View Item