Sari, Ana Nila and , Drs. Suwarno, M.Pd. (2014) Peningkatan Keaktifan Belajar IPA Dengan Menggunakan Strategi TAI (Team Assisted Individually) Pada Siswa Kelas IV SD N Jambean 01 Margorejo Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (230kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (117kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB__V.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (59kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._naskah_publikasi.pdf Download (371kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan strategi Team Assisted Individually. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Jambean 01 yang berjumlah 13 siswa. Sedangkan obyeknya adalah keaktifan belajar, strategi TAI, dan mata pelajaran IPA Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, post test, wawancara, dokumentasi dan angket. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan dan evaluasi. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan strategi Team Assisted Individually. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Adapun peningkatan hasil dapat dilihat dari prosentase keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I prosentase keaktifan siswa sebesar 70% atau 9 siswa yang aktif dan pada siklus II sebesar 89% atau 12 siswa yang aktif. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan strategi Team Assisted Individually dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan belajar siswa, strategi Team Assisted Individually, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Mar 2014 10:37 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28380 |
Actions (login required)
View Item |