Taufiq , M. (2008) ALTERNATIF SARANA PERIKLANAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. TIRTA INVESTAMA DI KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
B100030101.pdf Download (134kB) |
|
PDF
B100030101.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
Abstract
Adapun yang melatar belakangi skripsi ini adalah meningkatnya persaingan yang dihadapi oleh perusahaan sehingga untuk memasarkan produknya diperlukan suatu usaha. Usaha tersebut diantaranya adalah dengan promosi melalui periklanan menggunakan media televisi, radio dan surat kabar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah periklanan melalui televisi, radio dan surat kabar akan mendapatkan pengaruh dan mempunyai hubungan yang erat terhadap peningkatan volume penjualan. Adapun manfaat penelitian ini bagi perusahaan yanga menjadi obyek penelitian dari hasil penelitian ini diharapkan dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan oleh pimpinan perusahaan dalam mengambil kebijakan penentuan media periklanan yang tepat guna meningkatkan volume penjualan dimasa yang akan datang. Sehubungan dengan hal tersebut, hipotesis yang diajukan sebagai berikut: 1. Bahwa penggunaan media periklanan melalui televisi, radio dan surat kabar akan dapat berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan, 2. Bahwa penggunaan media periklanan melalui televisi, radio dan surat kabar mempunyai hubungan yang erat dengan peningkatan volume penjualan, 3. Media periklanan yang mana yang mempunyai hubungan paling erat dengan peningkatan volume penjualan pada PT. Tirta Investama di Klaten ? adalah periklanan melalui televisi. Analisa data dilakukan dengan menggunakan analisa regresi linier berganda, uji t, uji f, koefisien determinasi, analisa korelasi parsial dan uji asumsi klasik. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda diperoleh persaman Y = 11.000.000 + 2,030 X1 + 7,500 X2 + 4,992 X3. Dengan menggunakan uji T diperoleh t hitung televisi = 4,586, radio = 3,763 (> ttabel yaitu : 1,960) dan t hitung surat kabar = 2,494 (2,494 > ttabel) berarti Ho media televisi dan radio ditolak dan Ho media surat kabar diterima. Dengan menggunakan uji f dihasilkan Fhitung televisi, radio dan surat kabar sebesar 251,630 (> F Tabel 2,92) yang berarti Ho ditolak. Dari perhitungan dengan koefisien determinasi diperoleh R2 = 0,959 ini berarti 95,9% perubahan variabel Y, dipengaruhi danvariabel X dan sisanya 4,14% dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan menggunakan analisa korelasi parsial diperoleh t hitung televisi = 20,757 t hitung radio = 12,045 dan t hitung surat kabar = 14,760 (> tabel yaitu 1,960) dapat diartikan media televisi adalah media yang mempunyai hubungan paling erat dengan volume penjualan. Untuk menguji ekonometri yaitu uji asumsi klasik dari penelitian ini tidak ditemukan permasalahan multikolinearitas, maupun heterokedastisitas, sedangkan untuk autokorelasi untuk dapat disimpulkan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERIKLANAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 18 Jun 2009 07:51 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 19:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2838 |
Actions (login required)
View Item |