Penerapan Metode Learning Start With A Question Untuk Meningkatkan Pemahaman Perkalian Bilangan Bulat Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Dukutalit 02 Tahun 2013/2014

Astuti, Lestari Wiji and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd. (2014) Penerapan Metode Learning Start With A Question Untuk Meningkatkan Pemahaman Perkalian Bilangan Bulat Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Dukutalit 02 Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (325kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (986kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskh Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (135kB)

Abstract

Pelaksanaan proses pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan metode learning start with a question. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perkalian bilangan bulat dalam pembelajaran matematika. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN. Dukutalit 02 semester 1 tahun pelajaran 2013/2014. Adapun jumlah siswa kelas IV sebanyak 20 siswa (8 putra, 12putri). Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berasal dari data yang diperoleh melalui tes tertulis. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi terhadap pemahaman bilangan bulat siswa dan kegiatan guru selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman perkalian bilangan bulat dari prasiklus 50 %, siklus I naik menjadi 75 % dan siklus II naik menjadi 85 %. Untuk mengetahui pemahaman bilangan bulat siswa melalui metode learning start with a question digunakan indikator pemahaman belajar siswa sebagai pedoman guru antara lain memperhatikan apa yang disampaikan guru, mengajukan pertanyaan yang belum dipahami, menjawab pertanyaan dari guru, mengerjakan LKS dan LTS dari guru, bekerjasama dengan teman sebangku. Kesimpulan penelitian ini adalah metode learning start with a question dapat meningkatkan pemahaman perkalian bilangan bulat pada pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman perkalian bilangan bulat, metode learning start with a question
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Mar 2014 11:58
Last Modified: 20 Oct 2021 23:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28375

Actions (login required)

View Item View Item