Dewi, Septina and , Drs.Saring Marsudi,SH,M.Pd. (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas IV SDN Pati Kidul 05 Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (217kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (49kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (706kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (108kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran IPS. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Pati Kidul 05 , yang berjumlah 17 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini secara deskriptif komparatif dengan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa motivasi belajar IPS siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat dalam indikator kuatnya kemauan untuk berbuat sebelum tindakan 47,05% pada siklus I pertemuan ke-1 sebesar 58,82% pertemuan ke-2 76,47% dan pada siklus II mencapai 82,35%, ketekunan dalam mengerjakan tugas sebelum tindakan 52,94% pada siklus I pertemuan ke-1 52,94% pertemuan ke-2 76,47% dan pada siklus II mencapai 88,23%, dapat mempertahankan pendapatnya sebelum tindakan 35,29% pada siklus I pertemuan ke-1 47,05% pertemuan ke-2 70,58% dan pada siklus II mencapai 76,74%, lebih senang bekerja sendiri sebelum tindakan 47,05% pada siklus I pertemuan ke-1 58,82% pertemuan ke-2 70,58% dan pada siklus II mencapai 82,35%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dapat meningkatkan motivasi belajar ips pada siswa kelas IV SDN Pati Kidul 05 Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | numbered heads together, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Mar 2014 09:46 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 00:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28372 |
Actions (login required)
View Item |