Suprihati, Suprihati and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd. (2014) Peningkatan Pemahaman Konsep Perpindahan Panas Dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD 2 Bopkri Tegalombo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (277kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (222kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar IPA pada materi perpindahan panas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD2 BOPKRI Tegalombo yang berjumlah 30 siswa, sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah peningkatkan pemahaman konsep, pendekatan demonstrasi,dan mata pelajaran IPA.Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru.Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan pendekatan demonstrasi. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen yaitu: pengumpulan data, reduksi dan display data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa pemahaman konsep mengalami peningkatan dari pra siklus siswa yang mempunyai pemahaman rendah sebesar 33 %, pemahaman sedang 40% dan pemahaman tinggi 27%.Pada siklus I persentase pemahaman rendah 10%, pemahaman sedang 57% dan pemahaman tinggi 33 %. Pemahaman konsep ini mengalami peningkatan pada siklus II yaitu pemahaman rendah 0 %, pemahaman sedang 13% dan pemahaman tinggi 87%. Dengan demikian terjadi peningkatan pemahaman konsep dari prasiklus ke siklus I sebesar 20%, dari siklus I ke siklus II sebesar 52%. Total peningkatan dari prasiklus ke siklus II yaitu 73%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar IPA pada materi perpindahan panas kelas IV SD2 BOPKRI Tegalombo tahun ajaran 2013/2014” terbukti kebenarannya. Hasil terbukti baik memenuhi indikator pencapaian yang ingin dicapai yaitu 70 %.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Demonstrasi, Pemahamn konsep, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Mar 2014 08:54 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 00:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28371 |
Actions (login required)
View Item |