Penerapan Metode Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Tegalharjo 02 Tahun 2013/2014

Pujiwati, Endang and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2014) Penerapan Metode Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Tegalharjo 02 Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (178kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitan tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas IV dengan metode STAD. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Tegalharjo 02 yang berjumlah 20 siswa. Peneliti sebagai pemberi tindakan dan kepala sekolah sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui, observasi, dokumentasi, tes, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: pengumpulani data, reduksi dan display data, dan penarikan kesimpulan. Indikator motivasi belajar IPA adalah sebagai berikut:(1) ketekunan dalam belajar IPA, (2) perhatian dalam pembelajaran IPA, (3) kemauan dalam belajar IPA, (4) minat dalam belajar . Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing–masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan dalam motivasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Tegalharjo 02 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode STAD. Peningkaktan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui motivasi belajar siswa rendah dengan prosentase 25%. Pada siklus I terdapat motivasi belajar siswa sedikit meningkat dengan nilai prosentase 45%. Dan pada siklus II motivasi belajar siswa sangat baik dengan prosentase 85%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dengan penerapan metode STAD.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivas belajar , metode belajar kelompok (STAD), IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Mar 2014 08:15
Last Modified: 20 Oct 2021 23:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28367

Actions (login required)

View Item View Item