Peran Guru Dalam Manajemen Kelas ( Studi kasus pada kelas bawah di MI Al-Islam PK Kartasura tahun pelajaran 2013-2014)

Maulidah, Nur Laili and , Dr. Samino, M.M. (2014) Peran Guru Dalam Manajemen Kelas ( Studi kasus pada kelas bawah di MI Al-Islam PK Kartasura tahun pelajaran 2013-2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (958kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_1.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (601kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peran guru dalam manajemen kelas, penelitian dilakukan pada manajemen kelas yang dilakukan guru kelas bawah yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif kualitatif dengan menggunakan strategi penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru-guru kelas bawah, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data, digunakan teknik triangulasi sumber. Dalam melakukan analisis data, penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif yang berupa informasi dan keterangan secara mendalam. Berdasarkan data yang terkumpul, kemudian dideskripsikan dan dianalisis, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa: perencanaan yang dilakukan guru dapat dilihat dari pembuatan dan kepemilikan RPP pada masing-masing guru dengan melakukan pengembangan dalam penerapanya, pelaksanaan manajemen kelas disertai dengan memperhatikan perkembangan aspek individu dan social siswa, dan evaluasi dalam manajemen kelas disertai dengan tindak lanjut yang berupa penyelesaian masalah. Manajemen kelas yang sistemastis ini akan mewujudkan iklim kelas yang mendorong kesempurnaan belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peran; guru; manajemen; kelas; siswa; belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Mar 2014 07:07
Last Modified: 19 Oct 2021 05:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28363

Actions (login required)

View Item View Item