Suryaningsih, Yulita Maria Wanita and , Drs. M. Yahya, M.Si (2014) Upaya Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita Kembali Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi I Malangjiwan Kebonarum Klaten Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (552kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (168kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (85kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (406kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita dengan gambar seri pada anak kelompok A TK Pertiwi I Malangjiwan Kebonarum Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Penyebab kemampuan berbahasa belum berkembang dengan baik karena anak masih tidak mau menjawab pertanyaan yang diajukan guru dan metode yang digunakan masih monoton dengan media yang kurang bervariasi menjadikan kemampuan berbahasa anak kurang dapat berkembang dengan baik.Jenis Penelitian adalah Peneliti an Tindakan Kelas yang dilaksanakan di TK Pertiwi I Malangjiwan dengan subjek penelitian anak kelompok A berjumlah 12 anak. Data mengenai kemampuan berbahasa anak diperoleh melalui lembar tabulasi skor perkembangan kemampuan berbahasa sedangkan data penerapan metode bercerita diperoleh melalui lembar hasil observasi penerapan metode bercerita. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis data komparatif yaitu dengan membandingkan hasil pencapaian anak dengan indikator yang ditargetkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak. Pada prasiklus diperoleh data kemampuan berbahasa rata-rata anak baru mencapai 40.63%, kemudian dilakukan tindakan siklus I dan meningkat menjadi 73.96%. pada siklus II kemampuan anak meningkat secara signifikan mencapai 92.02%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan gambar seri mampu mengembangkan kemampuan berbahasa pada anak kelompok A TK Pertiwi I Malangjiwan Kebonarum Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berbahasa, Metode Bercerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 19 Mar 2014 09:30 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 16:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28347 |
Actions (login required)
View Item |