Upaya Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita Kembali Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi I Malangjiwan Kebonarum Klaten Tahun Pelajaran 2013 / 2014

Suryaningsih, Yulita Maria Wanita and , Drs. M. Yahya, M.Si (2014) Upaya Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita Kembali Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi I Malangjiwan Kebonarum Klaten Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (552kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (406kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita dengan gambar seri pada anak kelompok A TK Pertiwi I Malangjiwan Kebonarum Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Penyebab kemampuan berbahasa belum berkembang dengan baik karena anak masih tidak mau menjawab pertanyaan yang diajukan guru dan metode yang digunakan masih monoton dengan media yang kurang bervariasi menjadikan kemampuan berbahasa anak kurang dapat berkembang dengan baik.Jenis Penelitian adalah Peneliti an Tindakan Kelas yang dilaksanakan di TK Pertiwi I Malangjiwan dengan subjek penelitian anak kelompok A berjumlah 12 anak. Data mengenai kemampuan berbahasa anak diperoleh melalui lembar tabulasi skor perkembangan kemampuan berbahasa sedangkan data penerapan metode bercerita diperoleh melalui lembar hasil observasi penerapan metode bercerita. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis data komparatif yaitu dengan membandingkan hasil pencapaian anak dengan indikator yang ditargetkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak. Pada prasiklus diperoleh data kemampuan berbahasa rata-rata anak baru mencapai 40.63%, kemudian dilakukan tindakan siklus I dan meningkat menjadi 73.96%. pada siklus II kemampuan anak meningkat secara signifikan mencapai 92.02%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan gambar seri mampu mengembangkan kemampuan berbahasa pada anak kelompok A TK Pertiwi I Malangjiwan Kebonarum Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbahasa, Metode Bercerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2014 09:30
Last Modified: 19 Oct 2021 16:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28347

Actions (login required)

View Item View Item