Sulistianti, Reni and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2014) Peningkatan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Strategi Pembelajaran College Ball Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 1 Nogosari Boyolali Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (924kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (186kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (377kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran kelas VIII F SMP Negeri 1 Nogosari Boyolali yang terdapat kelemahan, antara lain: 1) Siswa kurang aktif menjawab pertanyaan dari guru sebanyak 22/32 siswa (68,75%), 2) siswa kurang menghargai pendapat teman sebanyak 23/32 siswa (71,88%), 3) siswa kurang bertanggung jawab terhadap kelompoknya sebanyak 17/32 siswa (53,13%), 4) siswa kurang aktif bekerjasama dalam kelompoknya sebanyak 21/32 siswa (65,63%), dan 5) hasil belajar siswa belum mencapai KKM yaitu 70, siswa yang tuntas sebanyak 11/32 siswa (34,37%), 6) Guru masih menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi pada materi sistem peredaran darah manusia dengan penerapan strategi College Ball pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Nogosari tahun ajaran 2011/2012, ditinjau dalam dua aspek, antara lain: 1) Afektif mencakup sikap atau perilaku siswa, penerimaan, merespon, dan menghargai terhadap suatu gejala, 2) Kognitif mencakup pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, dan evaluasi dengan penerapan strategi pembelajaran College Ball materi Sistem Peredaran Darah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini diawali dengan menyampaikan materi dengan strategi pembelajaran College Ball kemudian diakhiri dengan kesimpulan dan post test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar pada siklus I aspek kognitif = 67,5%; aspek afektif = 11,97%. Peningkatan hasil belajar pada siklus II aspek kognitif = 80,06% atau meningkat sebesar 12,56% dari siklus I; aspek afektif = 16,18% atau meningkat sebesar 4,21% dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran College Ball dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dan afektif pokok bahasan sistem peredaran darah manusia siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Nogosari Boyolali tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, college ball, sistem peredaran darah manusia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Mar 2014 09:52 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 23:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28346 |
Actions (login required)
View Item |