Pamujiningsih, Wulan and , Drs. Suwarno, M. Pd (2014) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas V SDNPekuwon Tahun Ajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (349kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (91kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (375kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika melaluimodel pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V SDN Pekuwon Tahun Ajaran 2013/ 2014. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Pekuwon Tahun Ajaran 2013/ 2014. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Pekuwon Tahun Ajaran 2013/ 2014 dan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi siklus 1 digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan tindakan pada siklus 2. Penelitian ini dilakukan kolaboratif dengan teman sejawat. Data yang diperoleh berupa nilai tes, terdiri atas nilai kondisi awal, nilai siklus 1, dan nilai siklus 2. Analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Berdasarkan tindakan yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Pekuwon Tahun Ajaran 2013/ 2014. Hasil pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) yaitu mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Rata-rata hasil belajar matematika pada kondisi awal 62, pada siklus 1 adalah 76 dan pada siklus 2 adalah 83. Persentase ketuntasan sebanyak 39 (81%) siswa dan hanya 9 (19%) siswa yang belum mencapai KKM.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Numbered Heads Together |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 19 Mar 2014 08:53 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 23:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28340 |
Actions (login required)
View Item |