Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Problem Based Learning Berbasis Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Ambarawa Tahun 2012/2013 )

Sitoresmi, Martha Wuri and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2014) Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Problem Based Learning Berbasis Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Ambarawa Tahun 2012/2013 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (595kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran Problem Based Learning berbasis lembar kerja siswa. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP N 2 Ambarawa, Kab. Semarang yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi sebagai metode pokok dan catatan lapangan dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model alur yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data yang dilakukan sejak tindakan dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari 1) Fluency yaitu menghasilkan ide dengan kondisi akhir sebesar 96,1% dari kondisi awal 38,5%, 2) Originality yaitu memiliki ide-ide untuk memecahkan persoalan dengan kondisi akhir sebesar 92,3% dari kondisi awal 30,7%, 2) Elaboration yaitu kemampuan memecahkan masalah dengan kondisi akhir sebesar 92,3% dari kondisi awal 26,9%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreatif, problem, lembar kerja.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Mar 2014 08:11
Last Modified: 19 Oct 2021 12:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28333

Actions (login required)

View Item View Item