Penerapan Strategi Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Minat Belajar PKn Siswa Kelas IVDi SD Negeri Pandak I Sidoharjo Sragen

Nuridyawati, Mety and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2014) Penerapan Strategi Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Minat Belajar PKn Siswa Kelas IVDi SD Negeri Pandak I Sidoharjo Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.hALAMAN_depan.pdf

Download (201kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
11.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (106kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Pandak I Sidoharjo dengan penerapan strategi pembelajaran Bamboo Dancing pada pembelajaran PKn. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Pandak I Sidoharjo yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn yang meningkat signifikan dari sebelum tindakan sampai pada akhir siklus II yang dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator minat belajar yang mencakup: perasaan senang mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 54,55% prosentase meningkat menjadi 90,91%, ketertarikan siswa pada materi pelajaran sebelum tindakan 40,91% prosentase meningkat menjadi 86,36%, perhatian siswa terhadap guru yang mengajar sebelum tindakan 31,82% prosentase meningkat menjadi 81,82%, keaktifan siswa pada proses pembelajaran sebelum tindakan 27,27% prosentase meningkat menjadi 86,36% dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran sebelum tindakan 50% prosentase meningkat menjadi 90,91%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Sebelum tindakan nilai rata-rata kelas 59,77 dengan ketuntasan belajar sebesar 31,82%, pada siklus I nilai rata-rata meningkat 71,82 dengan ketuntasan belajar sebesar 59,09%, dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 84,55 dengan ketuntasan belajar 90,91%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Bamboo Dancing dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PKn di SD Negeri Pandak I Sidoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bamboo Dancing, minat belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2014 11:08
Last Modified: 19 Oct 2021 05:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28307

Actions (login required)

View Item View Item