Septiana, Dewi Maya Ayu and , Minsih, S.Ag., M.Pd (2014) Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Anak Melalui Pendekatan Savi (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Dan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SD Negeri Ngadirejo 01 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (601kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (183kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (77kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (301kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak melalui pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) dan media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri Ngadirejo 01 Kartasura tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilaksanakan dua kali siklus dan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Ngadirejo 01 Kartasura yang berjumlah 43 siswa dan guru kelas V sebagai subyek pelaku tindakan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) dan media audio visual. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan menyimak cerita anak, hal ini dapat dilihat dari: 1) Memperhatikan cerita sebelum tindakan 62, 79%, siklus I 83,71%, siklus II 100%, 2) Mengenali topik cerita sebelum tindakan 37,20%, siklus I 55,81%, siklus II 80,23%, 3) Menjawab pertanyaan sebelum tindakan 41,86%, siklus I 66,27%, siklus II 80,22%, 4) Menceritakan kembali isi cerita sebelum tindakan 27,90%, siklus I 52,32%, siklus II 80,22%. Hasil tes belajar menyimak siswa juga mengalami peningkatan dilihat dari hasil belajar sebelum tindakan 39,54%, siklus I 74,41%, siklus II 100%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) dan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak siswa kelas V SD Negeri Ngadirejo 01 Kartasura.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan menyimak, pendekatan SAVI, media audio visual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 18 Mar 2014 09:06 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 05:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28303 |
Actions (login required)
View Item |