Setiyasih, Setiyasih and , Drs. Yulianto Bambang Setyadi, M.Si. (2014) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Afektif Siswa Studi Kasus Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (867kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1_SKRIPSI.pdf Download (110kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (651kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (609kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan upaya guru PPKn dalam meningkatkan kemampuan afektif siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014, 2) Mendeskripsikan kendala yang dialami guru PPKn dalam meningkatkan kemampuan afektif siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014, dan 3) Mendeskripsikan solusi yang dilakukan guru PPKn dalam meningkatkan kemampuan afektif siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek utama adalah kepala sekolah, guru PPKn kelas VIII serta siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Objek penelitian adalah upaya guru PPKn dalam meningkatkan kemampuan afektif siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teknik atau metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) sebelum guru PPKn memberikan upaya untuk meningkatkatkan kemampuan afektif siswa kelas VIII A yang memenuhi indikator penilaian diri dan sikap yang dinilai berjumlah 13 siswa (48,1%), 2) Upaya-upaya yang dilakukan guru PPKn dalam meningkatkan kemampuan afektif siswa kelas VIII A yaitu mengintegrasikan caracter building di dalam proses pembelajaran, membangun motivasi siswa, sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran, serta penggunaan media pembelajaran yang mendidik. Sesudah guru PPKn memberikan upaya jumlah siswa kelas VIII A yang memenuhi indikator penilaian diri dan sikap yang dinilai adalah 23 siswa (85,2%), 3) Kendala-kendala yang dialami guru PPKn dalam meningkatkan kemampuan afektif siswa kelas VIII A, yaitu sulitnya mengembangkan instrumen penilaian afektif, kemampuan afektif tidak diperhatikan secara khusus, perkembangan zaman dan penggunaan tekhnologi yang tidak sesuai dengan kebutuhan siswa, serta penggunaan strategi ataupun metode pembelajaran yang belum maksimal, dan 4) solusi yang dilakukan guru PPKn dalam meningkatkan kemampuan afektif siswa kelas VIII A yaitu alokasi waktu yang khusus untuk pembinaan kemampuan afektif siswa dan pemberian angket mengenai penilaian diri sendiri yang dilakukan oleh siswa dan penilaian antarpeserta didik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya guru, Pendidikan PPKn, Kemampuan afektif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Mar 2014 08:54 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 13:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28300 |
Actions (login required)
View Item |