Sugiyanto, Astri Biastari and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Scramble Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Ingat Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Negeri 9 Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (206kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_NEW.pdf Download (217kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya ingat IPS kelas V SD Negeri 9 Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah peneliti yang bertindak sebagai guru kelas V dan siswa kelas V. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif interaktif yang melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan daya ingat siswa yang dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan siswa yang telah mencapai nilai di atas KKM ≥65 pada setiap siklusnya. Sebelum dilaksanakan tindakan (prasiklus) nilai rata –rata kelas 58,33 dengan persentase ketuntasan sebesar 36,67%, siklus I pertemuan pertama nilai rata-rata kelas 63,67 dengan persentase ketuntasan sebesar 46,67% dan pertemuan kedua nilai rata-rata kelas 67,33 dengan persentase ketuntasan sebesar 66,67%, siklus II pertemuan pertama nilai rata-rata kelas 72,33 dengan persentase sebesar 83,33% dan pertemuan kedua nilai rata-rata kelas 77 dengan persentase sebesar 96,67%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Scramble dapat meningkatkan daya ingat mata pelajaran IPS kelas V SD N 9 Sragen.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Daya ingat siswa, scramble |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 18 Mar 2014 08:36 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 07:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28297 |
Actions (login required)
View Item |