Nugroho, Setyo and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd (2014) Kreativitas Belajar Mahasiswa Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Dan Kedisiplinan Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
_2__HALAMAN_DEPAN.pdf Download (451kB) |
|
|
PDF (Bab I)
_3__BAB_I.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Bab II)
_4__BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab III)
_5__BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
||
PDF (Bab IV)
_6__BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
||
PDF (Bab V)
_7__BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
_8__DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
_9__LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (32MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
_11__NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (257kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kemandirian belajar terhadap kreativitas belajar mahasiswa, 2) pengaruh kedisiplinan belajar terhadap kreativitas belajar mahasiswa, 3) pengaruh kemandirian belajar dan kedisiplinan belajar terhadap kreativitas belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan akuntansi universitas muhammadiyah surakarta angkatan 2011 yang berjumlah 200, dengan sampel sebanyak 127 mahasiswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan metode angket. Angket telah diujicobakan dan diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 9,425 + 0,411X1 + 0,325X2, artinya kreativitas belajar mahasiswa dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan kedisiplinan belajar. Berdasar analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) kemandirian belajar berpengaruh terhadap kreativitas belajar mahasiswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kemandirian belajar sebesar 4,006 sehingga thitung> ttabel atau 4,006 > 1,979 (α = 0,05) dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000,(2) kedisiplinan belajar berpengaruh terhadap kreativitas belajar mahasiswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kedisiplinan belajar sebesar 3,493 sehingga thitung> ttabel atau 3,493 > 1.979 (α = 0,05) dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000,(3) kemandirian belajar dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2011. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 50,315 lebih besar dari Ftabel (3,069) pada taraf signifikansi 5%. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,448, berarti 44,8% kreativitas belajar mahasiswa dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan kedisiplinan belajar, sisanya sebesar 55,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian belajar, kedisiplinan belajar, kreativitas belajar mahasiswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Mar 2014 07:55 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 05:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28292 |
Actions (login required)
View Item |