Peningkatan Minat Belajar Ips Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Artikulasi Bagi Siswa Kelas IV Di SD Negeri Pajang 1 Tahun Ajaran 2013/2014

Nugroho, Agung and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Minat Belajar Ips Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Artikulasi Bagi Siswa Kelas IV Di SD Negeri Pajang 1 Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (499kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SD Negeri Pajang 1 tahun ajaran 2013/2014 melalui penerapan strategi pembelajaran artikulasi. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Pajang 1 Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif. Analisis interaktif terdiri dari tiga tahap, yakni: reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh menunjukan adanya peningkatan minat dan hasil belajar IPS. Hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek indikator minat berikut : 1)ketertarikan siswa pada pelajaran menunujukkan prosentase 38,41% prasiklus, siklus I pertemuan pertama 46,34%. Siklus I pertemuan kedua 54,87%. Siklus II pertemuan pertama menunjukkan prosentase sebesar 71,34%, dan pertemuan kedua 85,36%. 2)Perhatian pada proses pembelajaran, kondisi awal menunjukkan prosentase sebesar 39,63%. Siklus I pertemuan pertama 46,95% dan pertemuan kedua 56,09%. Siklus II pertemuan pertama meningkat menjadi 73,78% dan pertemuan kedua 87,19%. 3)Partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, kondisi awal menunjukkan prosentase sebesar 37,19%. Siklus I pertemuan pertama meningkat menjadi 44,51% dan pertemuan kedua sebesar 52,43%. Siklus II pertemuan pertama meningkat menjadi 68,90% dan pertemuan kedua sebesar 82,92%. 4)Teliti dalam belajar, kondisi awal menunjukkan prosentase sebesar 39,63%. Siklus I pertemuan pertama mengalami peningkatan menjadi 45,73% dan pertemuan kedua sebesar 57,31%. Siklus II pertemuan pertama mengalami peningkatan menjadi 74,39% dan pertemuan kedua meningkat menjadi 90,24%. Hasil belajar IPS siswa pada prasiklus 48,78% mencapai KKM. Siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 65,85% telah mencapai KKM. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87,80%. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SD Negeri Pajang 1 Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, strategi artikulasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2014 07:36
Last Modified: 19 Oct 2021 05:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28289

Actions (login required)

View Item View Item