Peningkatan Partisipasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Who Wants To Be Millionaire Pada Siswa Kelas V SD Negeri II Bumiharjo Kecamatan Giriwoyo Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2013/2014

Setyawan, Heru and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Partisipasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Who Wants To Be Millionaire Pada Siswa Kelas V SD Negeri II Bumiharjo Kecamatan Giriwoyo Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (922kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (496kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri II Bumiharjo pada mata pelajaran matematika melalui strategi pembelajaran Who Wants To be Millionaire. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian yang berperan sebagai pemberi tindakan adalah peneliti yang berperan sebagai guru kelas V, dan yang berperan sebagai penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri II Bumiharjo yang berjumlah 23 siswa, dimana 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Objek penelitian yaitu partisipasi belajar matematika siswa kelas V dengan menerapkan strategi pembelajaran Who Wants To be Millionaire. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data diskriftif kualitatif dengan metode alur, yang terdiri dari reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan partisipasi belajar dan hasil belajar matematika siswa pada mata pelajaran matematika melalui strategi pembelajaran Who Wants To be Millionaire. Hal itu dapat dilihat dari: 1) siswa aktif mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru pada pra siklus sebesar 34,78 %, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 70,65 %, dan siklus II meningkat menjadi 84,78 % . 2)Siswa berani menjawab pertanyaan atau mengerjakan soal di depan kelas pada pra siklus sebesar 29,34 %, meningkat menjadi 68,47 % pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,60 % . 3) Siswa memberikan tanggapan dan mengajukan ide pada pra siklus sebesar 39,13 %, pada siklus I meningkat menjadi 65,21 %, dan pada siklus II menjadi 80,43 %. 4) Siswa mampu membuat kesimpulan dari materi baik secara mandiri atau kelompok pada pra siklus sebesar 32,60 %, pada siklus I meningkat menjadi 69,56 %, dan siklus II meningkat menjadi 81,52 %. Hasil belajar matematika, pratindakan sebanyak 25% siswa yang memenuhi KKM. Siklus I sebanyak 69,56 % siswa yang memenuhi KKM. Siklus II sebanyak 82,6 % siswa yang memenuhi KKM. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Who Wants To be Millionaire dapat meningkatakan partisipasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Who Wants To be Millionaire, Partisipasi Belajar, Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2014 06:33
Last Modified: 19 Oct 2021 05:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28277

Actions (login required)

View Item View Item