Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Majenang 1 Tahun 2013/2014

Arifiyanti, Dyah and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Majenang 1 Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI_VIAN.pdf

Download (838kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want to Know. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD N Majenang 1,Kabupaten Sragen yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif denganan alisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yakni reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa sehingga mengalami peningkatan pada mata pelajaran IPS pada materi Koperasi. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran yang menunjukkan peningkatan minat belajar yang tercermin dalam partisipasi aktif dalam pembelajaran pada prasiklus 35,29%, pada siklus I 55,87%, siklus II 82,35%. Siswa yang tertarik pada pembelajaran dari prosentase prasiklus 29,41%, siklus I 49,99%, dan siklus II 82,34%. Minat Belajar Siswa dalam menunjukan rasa ingin tahu dari prosentase prasiklus 23,52%, siklus I 47,05%, dan siklus II 82,35%. Minat belajar siswa dalam senang mengerjakan soal dari prosentase prasiklus 29,41%, siklus I 52,94%, dan siklus II 85,29%.Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan proses pembelajaran sebelum tindakan sebesar 35,29% siswa yang tuntas dalam pembelajaran dan setelah dilakukan tindakan meningkat sebesar 64,70% pada siklus I, dan di akhir tindakan siswa yang tuntas dalam pembelajaran meningkat menjadi 88,23%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want to Know dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN Majenang 1 ,Kabupaten Sragen tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat,Belajar, Inquiring, Minds, Want to Know
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2014 06:15
Last Modified: 19 Oct 2021 05:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28276

Actions (login required)

View Item View Item