Purbaningrum, Anita and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Strategi Missouri Mathematics Project Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Bandardawung Tawangmangu Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (678kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (118kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (830kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (505kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa melalui strategi Missouri Mathematics Project.Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Missouri Mathematics Project.Subyek penelitian ini adalah peneliti yang bertindak sebagai guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Bandardawung yang berjumlah 33 siswa sebagai subyek penerima tindakan.Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang kemudian berdampak pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari minat belajar siswa melalui beberapa indikator, yaitu: aktivitas siswa dalam bertanya pada pra siklus ada 8 siswa (24,24%), pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa (42,42%), pada siklus II meningkat menjadi 26 siswa (78,79%). Aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada pra siklus ada 10 siswa (30,30%), pada siklus I meningkat menjadi 13 siswa (39,39%), pada siklus II meningkat menjadi 25 siswa (75,76%). Aktivitas siswa dalam mengerjakan soal pada pra siklus ada 9 siswa (27,27%), pada siklus I meningkat menjadi 18 siswa (54,54%), pada siklus II meningkat menjadi 29 siswa (87,88%). Aktivitas siswa dalam mengerjakan tugas PR pada pra siklus ada 11 siswa (33,33%), pada siklus I meningkat menjadi 16 siswa (48,48%), pada siklus II meningkat menjadi 28 siswa (84,85%). Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari hasil post test yang dilakukan di akhir proses pembelajaran, sebelum tindakan prosentase keberhasilan siswa yang nilainya di atas KKM (> 65) pada pra siklus ada 5 siswa (15,15%), pada siklus I ada 17 siswa (51,52%), dan pada siklus II ada 28 siswa (84,85%). Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Bandardawung Tawangmangu tahun pelajaran 2013/ 2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat belajar, strategi Missouri Mathematics Project (MMP), hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 17 Mar 2014 09:17 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 05:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28263 |
Actions (login required)
View Item |