Pengaruh Strategi Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 5 SD Muhammadiyah Baturan Tahun Ajaran 2013/2014

Setiawan, Agung and , Drs. Rubino Rubiyanto, M. Pd (2014) Pengaruh Strategi Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 5 SD Muhammadiyah Baturan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halamn Depan)
03._Halaman_Depan.PDF

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.PDF

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan strategi pembelajaran inside outside circle terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 5 SD Muhammadiyah Baturan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan subyek penelitian yang terdiri dari dua kelompok/kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Siswa kelas 5 SD Muhammadiyah Baturan sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas 5 SD N 2 Blulukan sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas berjumlah 13 siswa. Pada kelas eksperimen diterapkan strategi inside outside circle, sedangkan pada kelas kontrol diterapkan strategi konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji keseimbangan dengan uji F, uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Berdasarkan uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,5 > 2,06, dapat disimpulkan bahwa strategi Inside Outside Circle berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 5 SD Muhammadiyah Baturan tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Inside Outside Circle, strategi konvensional, hasil belajar IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2014 09:06
Last Modified: 19 Oct 2021 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28261

Actions (login required)

View Item View Item