Ekandari, Kholida Nur and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Partisipasi Belajar IPA Melalui Metode Outdoor Study Pada Siswa Kelas IV Di MI Al Islam Surupan Nguntoronadi Wonogiri Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (864kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (162kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (584kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa melalui metode outdoor study pada siswa kelas IV MI Al Islam Surupan Nguntoronadi Wonogiri tahun ajaran 2013/2014. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan setiap siklusnya dua kali pertemuan. Setiap pertemuan dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV MI Al Islam Surupan Nguntoronadi Wonogiri yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model alur yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode outdoor study dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Al Islam Surupan. Hal ini dapat dilihat 1) aktif dalam mengerjakan soal sebelum ada tindakan 46,67%, pada siklus I 66,67% dan pada siklus II mencapai 86,67%, 2) aktif dalam menjawab pertanyaan sebelum ada tindakan 50,00%, pada siklus I 60,00%, dan pada siklus II 83,33%, 3) aktif dalam bertanya sebelum ada tindakan 53,33%, ada siklus I 70,00%, dan pada siklus II 83,33%, 4) aktif dalam mengajukan pendapat sebelum ada tindakan 46,67%, pada siklus I 60,00%, dan pada siklus II 80,00%, 5) membuat kesimpulan pembelajaran sebelum ada tindakan 40,00%, pada siklus I 60,00%, dan pada siklus II 80,00%. Hasil belajar siswa juga meningkat dalam setiap siklus, terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan hasil belajar yang memenuhi KKM sebanyak 12 siswa dengan nilai rata – rata 65,33, pada siklus I sebanyak 20 siswa dengan nilai rata – rata 71,33, dan pada siklus II sebanyak 27 siswa dengan nilai rata – rata 80,33. Dengan demikian dapat diketahui bahwa pembelajaran IPA dengan metode outdoor study dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas IV MI Al Islam Surupan Nguntoronadi tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Partisipasi, metode, outdoor study, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 17 Mar 2014 08:35 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 05:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28258 |
Actions (login required)
View Item |