Fathoni, Isna Muhammad and , Drs. Muhroji, M.Si. (2013) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Prileksi Pada Siswa Kelas V SD N II Pracimantoro Kabupaten Wonogiri Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (117kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (82kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA melalui metode prileksi pada siswa kelas V SD N II Pracimantoro Wonogiri 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun pelajaran 2013/2014, dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Proses pembelajaran dengan menggunakan metode prileksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD N II Pracimantoro 2013/2014 yang berjumlah 27 siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata keaktifan siswa pada siklus I, 68,03 atau mencapai kriteria keaktifan cukup. Sebanyak 8 siswa (30,77%) mencapai kriteria keaktifan baik. Pada siklus II meningkat menjadi 80,10, atau mencapai kriteria baik sebanyak 25 siswa (96,15%). Sementara itu, untuk rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, 62,36 atau belum mencapai ketuntasan. Ketuntasan pada siklus I sebanyak 8 siswa (30,77%). Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 74,81 dengan ketuntasan sebanyak 22 siswa (84,61%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA melalui metode prileksi pada siswa kelas V SD N II Pracimantoro Wonogiri 2013/2014 dengan 2 siklus mampu mencapai nilai rata-rata hingga 74,81 dengan prosentase ketuntasan sebanyak 22 siswa (84,61%) untuk hasil belajar siswa. Nilai rata-rata keaktifan mencapai 80,10 atau kriteria BAIK dengan prosentase keaktifan hingga sebanyak 25 siswa (96,15%) untuk keaktifan siswa
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, hasil belajar, metode prileksi, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 17 Mar 2014 08:23 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 11:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28256 |
Actions (login required)
View Item |