Pamungkas, Sri Joko and , Dr.Abdullah Ali,M,Ag and , Dr.Abdul Kholiq Hasan,M.Ed (2013) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Pembelajaran Agama Islam Ditinjau Dari Konsep Pendidikan Luqman Al-Hakim Dalam Surat Luqman (Studi Analisa SKKD dan Materi Pokok Pembelajaran Agama Islam Di SD Islam al-Azhar 16 Cilacap). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
11.Naskah_Publikasi.pdf Download (227kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
2.Halaman_Depan.pdf Download (707kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3.Tesis_BAB_I.pdf Download (147kB) |
|
PDF (Bab II)
4.Tesis_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
||
PDF (Bab III)
5.Tesis_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
||
PDF (Bab IV)
6.Tesis_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
PDF (Bab V)
7.Tesis_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8.Daftar_Pustaka.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Lampiran)
9.Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (623kB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari satu pertanyaan: Bagaimanakah SKKD dan materi pokok pada KTSP pembelajaran agama Islam di SD Islam al-Azhar 16 Cilacap ditinjau dari konsep pendidikan Luqman al-Hakim dalam surat Luqman? Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan SKKD dan materi pokok pada KTSP pembelajaran agama Islam di SD Islam al-Azhar 16 Cilacap ditinjau dari konsep pendidikan Luqman al-Hakim dalam surat Luqman yang meliputi SKKD dan materi pokok pembelajaran keimanan, ibadah dan akhlak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif komparatif dengan pendekatan kualitatif. Obyek utama penelitiannya adalah gagasan atau ide pada SKKD dan materi pokok. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, telaah terhadap dokumentasi serta wawancara tidak terstruktur. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian adalah: (1) SKKD dan materi pokok pembelajaran keimanan; SD Islam al-Azhar 16 terdiri dari 6 komponen rukun iman, konsep pendidikan Luqman al-Hakim terdiri dari 3 komponen yaitu iman kepada Allah, iman kepada nama dan sifat-Nya serta iman kepada hari akhir. Persamaan; iman kepada Allah (nama-nama, sifat-sifat serta kekuasaan Allah) dan beriman kepada hari akhir. Kompetensi dan materi keimanan konsep pendidikan Luqman al- Hakim berbasis tauhid, sedangkan SD Islam al-Azhar 16 Cilacap terbatas pada iman kepada Allah dengan mengetahui dan mengenal asmaul husna beserta sifatsifat- Nya (2) SKKD dan materi pokok pembelajaran ibadah; SD Islam al-Azhar 16 Cilacap terdiri dari 7 kompetensi dan materi meliputi; 5 komponen rukun Islam, muamalah serta halal dan haram dalam makanan, konsep pendidikan Luqman al-Hakim sedikitnya terkandung 2 komponen yaitu perintah mendirikan salat serta amar ma'ruf nahi mungkar. Persamaan; kompetensi dan materi salat (3) SKKD dan materi pokok pembelajaran akhlak; SD Islam al-Azhar 16 Cilacap terdiri dari 5 komponen akhlak yaitu akhlak terhadap Allah, Rasulullah, diri sendiri, orang lain, dan makhluk Allah lainnya. Konsep pendidikan Luqman al-Hakim mengandung 3 komponen yaitu akhlak terhadap Allah, terhadap diri sendiri dan terhadap orang lain. Kompetensi dan materi yang terkandung dalam konsep pendidikan Luqman al-Hakim adalah konsep dasar akhlak, sedangkan SDI al-Azhar 16 Cilacap merupakan bentuk penjabaran dari konsep pendidikan akhlak Luqman al-Hakim yang tersurat dalam surat Luqman
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SKKD, materi pokok, pembelajaran agama Islam, surat Luqman |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 17 Mar 2014 06:27 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 06:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28244 |
Actions (login required)
View Item |