Motivasi Kerja Guru Tidak Tetap Sekolah Dasar Negeri (Studi Kasus di Wilayah UPT TK dan SD Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan Tahun 2013)

Slamet, Slamet and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum and , Dr. Sumardi, M.Si (2013) Motivasi Kerja Guru Tidak Tetap Sekolah Dasar Negeri (Studi Kasus di Wilayah UPT TK dan SD Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan Tahun 2013). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (280kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. (1) mendiskripsikan kinerja guru GTT Sekolah Dasar Negeri di wilayah UPT TK-SD Kecamatan Donorojo. (2) Untuk mendeskrepsikan motivasi GTT Sekolah Dasar Negeri di wilayah UPT TK-SD kecamatan Donorojo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat induktif di mana beberapa deskripsi tentang motivasi kerja guru GTT dalam menjaga eksistensi hidup digunakan untuk menemukan prinsip dan penjelasan yang mengarah pada penyimpulan.Deasin penelitiannya adalah study kasus (case study design). Penelitian ini dibatasi pada kinerja dan motivasi guru GTT di wilayah UPT TK-SD kecamatan Donorojo, Pacitan. Data utama diperoleh dari informan seperti kepala sekolah, guru GTT dan informan lain. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam, dan metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis model interaktif (Miles dan Huberman). Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data dengan pengecekan melalui diskusi triangangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Tentang kinerja guru GTT kecamatan Donorojo berdasarkan kriteria Koswara dan juknis DP-3 , termasuk kategori sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan kriteria pada DP-3, bahwa nilai rata-rata kedisiplinan dan ketertiban guru yang mencapai 93,05.Sedangkan menurut Koswra GTT telah belerja sesuai dengan tugas guru, yaitu membuat perencanaan proses belajar mengajar (RPP), melaksanakan proses belajar mengajar sesuai RPP, melakukan penilaian proses belajar mengajar, menguasai materi, dan melaksanakan anasisis hasil evaluasi. (2) Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi motivasi guru GTT yang bekerja di Sekolah Dasar di Wilayah UPT TK-SD kecamatan Donorojo. Beberapa alasan tersebut adalah memperoleh surat keterangan sebagai syarat melanjutkan ke Universitas Terbuka, ingin menjadi pegawai negeri, mendapat gaji atau upah, memperoleh status pekerjaan, mengamalkan ilmu yang dimiliki sebagai amal ibadah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: GTT ; kinerja ; motivasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2014 11:22
Last Modified: 28 Oct 2021 06:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28242

Actions (login required)

View Item View Item