Wiratno, Budi and , Dr. Tjipto Subadi, M.Si and , Dr. Samino, M.M. (2014) Manajemen Partisipasi Masyarakat (Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri Jeruk III Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (316kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (795kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (Bab VI)
Bab_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini: (1) Mengkaji dan mendeskripsikan ciri-ciri partisipasi masyarakat dalam meningkatkan mutu sekolah; (2) Mengkaji dan mendeskripsikan upaya sekolah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat; dan (3) Mengkaji dan mendeskripsikan bentuk-bentuk partisipasi masyarakat terhadap sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Desain penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah studi kasus. Tempat penelitian di SDN Jeruk III Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan. Narasumber dalam penelitian ini meliputi Kepala Sekolah dan Komite Sekolah. Pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Teknik wawancara mengacu teori first order understanding dan second order understanding. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi dengan sumber. Teknik analisis data menggunakan versi Milles dan Huberman yakni dengan cara reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Penggunaan manajemen terbuka merupakan ciri-ciri partisipasi masyarakat di SDN Jeruk III melalui bentuk pelibatan masyarakat mulai proses merencanakan, menentukan, menjalankan, mengawasi dan melakukan evaluasi partisipatif; (2) Menggalang partisipasi masyarakat dengan membangun citra sekolah, melalui penggunaan tokoh, kegiatan silaturrahmi, melalui himbauan atau ajakan; dan (3) Bentukbentukpartisipasi masyarakat berupa partisipasi berbentuk finansial/material, partisipasi berbentuk ide-ide atau gagasan pemikiran dan partisipasi berbentuk do’a.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, partisipasi, masyarakat |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 15 Mar 2014 10:55 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28240 |
Actions (login required)
View Item |