Yulianto, Yulianto and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2013) Pengelolaan Kerjasama Sekolah Dengan Dunia Usaha / Dunia Industri ( Studi Situs SMK Negeri 2 Kendal ). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (443kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (10MB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Permasalahan : (1) Bagaimana pemberdayaan potensi sekolah mendukung kerjasama dengan Du/Di ? dan (2) Bagaimanakah karakteristik pelaksanaan kerjasama SMK Negeri 2 Kendal dengan Du/Di ? Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan (1) pemberdayaan potensi sekolah mendukung kerjasama dengan Du/Di, (2) pelaksanaan kerjasama SMK Negeri 2 Kendal dengan Du/Di. Jenis penelitian kualitatif. Desain penelitian etnografi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kendal. Nara sumber/informan penelitian Kepala Sekolah, Waka Humasbin, Waka Kurikulum/Waka Sarpras/WMM, Kakom/Pokja Prakerin/BKK/UP/Kepala bagian/guru, Siswa/alumni. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisa data menggunakan model analisis interaktif, reduksi data, model data dan penarikan kesimpulan/verifikasi dilaksanakan bersama dengan proses pengumpulan data melalui proses siklus. Uji keabsahan data menggunakan teknik derajat kepercayaan (Credibility). Hasil Penelitian : (1) Pemberdayaan potensi sekolah mendukung kerjasama dengan Du/Di : a) SDM guru produktif potensial, di up grade tiap tahun melalui program on the job training (OJT) ke industri. b) Masih ada warga sekolah yang belum memahami dalam implementasi SMM ISO di sekolah. c) Sebagian siswa kurang motivasinya untuk bekerja. d) Pemberdayaan alumni belum terorganisir secara baik dan e) Pemberdayaan potensi sekolah dikelola melalui analisis Swot, strategi dan tindakan pemberdayaan untuk mendukung kerjasama dengan Du/Di dilakukan melalui pelaksanaan program kerja sekolah dan program bidang kehumasan. (2) Pelaksanaan kerjasama SMK Negeri 2 Kendal dengan Du/Di : a) Pelaksanaan kerjasama dituangkan dalam MoU, dipilih Du/Di yang berkualitas memenuhi standard industri secara nasional/internasional. b) Validasi dan sinkronisasi kurikulum bersama dengan Du/Di /stakeholder setiap tahun. c) Secara berkala setahun sekali mendatangkan Du/Di/alumni menjadi guru tamu. d)Siswa melaksanakan prakerin di Du/Di selama 4 bulan. Monitoring dan evaluasi oleh pembimbing sekolah dilakukan sebulan sekali. e) Du/Di menjadi penguji/assessor dalam ujian praktek kejuruan (UPK) saat ujian nasional (UN) setiap tahunnya. (f) Tiap tahun minimal 2 orang guru di masing – masing kompetensi keahlian dikirim mengikuti on the job training (OJT) di industri. g) Unit Produksi sekolah masih belum optimal dan h) Sekolah memfasilitasi/mempertemukan tamatan/alumni dengan user (perusahaan pencari tenaga kerja) melalui bursa kerja khusus (BKK).
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, kerjasama, Du/Di, strategi, pemberdayaan, potensi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 15 Mar 2014 08:58 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 04:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28237 |
Actions (login required)
View Item |