Waspodo, Priyo and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd (2014) Karakteristik Perencanaan Sarana dan Prasarana Belajar (Studi Situs di SMP Negeri 2 Sawit Boyolali). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (418kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (916kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (127kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (686kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dua karakteristik. 1. Perencanaan sarana dan prasarana belajar sebagai pendukung belajar siswa di SMP Negeri 2 Sawit, Boyolali, 2. Pemanfaatan sarana dan prasarana belajar sebagai pendukung belajar siswa di SMP Negeri 2 Sawit, Boyolali. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pelaksanaan penelitian di SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. Informan yang dipilih adalah kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa di SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif induktif. Keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan metode, serta review informan. Penelitian ini memiliki dua kesimpulan. 1. Perencanaan sarana dan prasarana dilakukan melalui musyawarah dalam rapat akhir tahun pelajaran berdasarkan adanya indikasi peralatan yang rusak atau adanya pengajuan usulan dari guru. Pengadaan barang dilakukan melalui cara membeli, maupun bantuan dari pemerintah. Ditindaklanjuti dengan inventarisasi barang-barang; pemeliharaan sehari-hari, pemeliharaan berkala, pemeliharaan yang sifatnya pengecekan, dan pemeliharaan yang sifatnya pencegahan, dan penghapusan sarana prasarana. 2. Pemanfaatan sarana dan prasarana belajar adalah untuk kelancaran proses belajar mengajar, meningkatkan prestasi anak didik, serta membantu guru dalam mengakses sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar. Guru maupun murid tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan peralatan belajar karena adanya alat yang siap pakai dan guru merasa sangat terbantu dengan layanan sarana prasarana yang memudahkan dalam kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan, sarana, prasarana, belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 15 Mar 2014 08:42 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28235 |
Actions (login required)
View Item |