Perbedaan Kepuasan Pasien Pengguna Asuransi Perusahaan Dan Non Asuransi Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Bangsal Rawat Inap Rumah Sakit Islam Surakarta

Kusumawati, Puri and , Siti Arifah, S.Kp., M.Kes and , Dian Nur Wulanningrum, S.Kep., NS (2013) Perbedaan Kepuasan Pasien Pengguna Asuransi Perusahaan Dan Non Asuransi Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Bangsal Rawat Inap Rumah Sakit Islam Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (422kB)

Abstract

Mutu Pelayanan adalah suatu pelayanan yang diberikan kepada pasien oleh tenaga kesehatan secara profesional dengan empati, respek, serta tanggap akan kebutuhan pasien untuk meningkatkan derajat kesehatan pasien sesuai dengan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan standard yang berlaku. Kepuasan pasien adalah suatu keadaan dimana keinginan, harapan dan kebutuhan terpenuhi. Dengan pelayanan yang bermutu dapat meningkatkan kepuasan pasien. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 90 responden dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Instrumen penelitian variabel mutu pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien menggunakan kuesioner. Pengujian hipotesis menggunakan uji spearman rho untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kepuasan pasien dengan mutu pelayanan kesehatan dan uji Mann Whitney untuk menganalisis perbedaan tingkat kepuasan antara pasien asuransi dan non asuransi, namun sebelumnya dilakukan uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov. Kesimpulan: Hasil menunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat kepuasan pasien non asuransi dengan mutu pelayanan kesehatan, terbukti dari p value sebesar 0,000 < a (0,05) dan juga ada hubungan antara tingkat kepuasan pasien asuransi dengan mutu pelayanan kesehatan, terbukti dari p value sebesar 0,021 < a (0,05). Hasil analisis perbedaan diperoleh nilai asymt. sig sebesar 0,006 < a (0,05).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat kepuasan, pasien asuransi, pasien non asuransi, mutu pelayanan kesehatan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2014 11:05
Last Modified: 02 Jun 2016 00:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28199

Actions (login required)

View Item View Item