Kusumawati, Puri and , Siti Arifah, S.Kp., M.Kes and , Dian Nur Wulanningrum, S.Kep., NS (2013) Perbedaan Kepuasan Pasien Pengguna Asuransi Perusahaan Dan Non Asuransi Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Bangsal Rawat Inap Rumah Sakit Islam Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (166kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (116kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (422kB) |
Abstract
Mutu Pelayanan adalah suatu pelayanan yang diberikan kepada pasien oleh tenaga kesehatan secara profesional dengan empati, respek, serta tanggap akan kebutuhan pasien untuk meningkatkan derajat kesehatan pasien sesuai dengan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan standard yang berlaku. Kepuasan pasien adalah suatu keadaan dimana keinginan, harapan dan kebutuhan terpenuhi. Dengan pelayanan yang bermutu dapat meningkatkan kepuasan pasien. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 90 responden dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Instrumen penelitian variabel mutu pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien menggunakan kuesioner. Pengujian hipotesis menggunakan uji spearman rho untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kepuasan pasien dengan mutu pelayanan kesehatan dan uji Mann Whitney untuk menganalisis perbedaan tingkat kepuasan antara pasien asuransi dan non asuransi, namun sebelumnya dilakukan uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov. Kesimpulan: Hasil menunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat kepuasan pasien non asuransi dengan mutu pelayanan kesehatan, terbukti dari p value sebesar 0,000 < a (0,05) dan juga ada hubungan antara tingkat kepuasan pasien asuransi dengan mutu pelayanan kesehatan, terbukti dari p value sebesar 0,021 < a (0,05). Hasil analisis perbedaan diperoleh nilai asymt. sig sebesar 0,006 < a (0,05).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat kepuasan, pasien asuransi, pasien non asuransi, mutu pelayanan kesehatan |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 13 Mar 2014 11:05 |
Last Modified: | 02 Jun 2016 00:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28199 |
Actions (login required)
View Item |