Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Pemahaman Konsep Matematika (PTK Pada Siswa Kelas XI AK Semester Gasal SMK Prawira Marta Kartasura Tahun 2013/2014)

Rochmawati, Dyah and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2014) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Pemahaman Konsep Matematika (PTK Pada Siswa Kelas XI AK Semester Gasal SMK Prawira Marta Kartasura Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (320kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (0aAb II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses dan pemahaman konsep matematika melalui penerapan model pembelajaran problem based learning . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI AK SMK Prawira Marta Kartasura yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan proses dan pemahaman konsep barisan dan deret aritmatika. Penemuan dari penelitian menunjukkan: 1) kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep atau algoritma 78%; 2) kemampuan siswa dalam menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu 78%; 3) kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah 87,5%; 4) kemampuan siswa dalam menarik kesimpulan 80%. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan keterampilan proses dan pemahaman konsep matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan proses, pemahaman konsep, problem based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Mar 2014 06:42
Last Modified: 19 Oct 2021 11:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28171

Actions (login required)

View Item View Item