Rochmawati, Dyah and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2014) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Pemahaman Konsep Matematika (PTK Pada Siswa Kelas XI AK Semester Gasal SMK Prawira Marta Kartasura Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_JUDUL.pdf Download (320kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (19kB) |
|
PDF (0aAb II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (188kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses dan pemahaman konsep matematika melalui penerapan model pembelajaran problem based learning . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI AK SMK Prawira Marta Kartasura yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan proses dan pemahaman konsep barisan dan deret aritmatika. Penemuan dari penelitian menunjukkan: 1) kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep atau algoritma 78%; 2) kemampuan siswa dalam menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu 78%; 3) kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah 87,5%; 4) kemampuan siswa dalam menarik kesimpulan 80%. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan keterampilan proses dan pemahaman konsep matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan proses, pemahaman konsep, problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Mar 2014 06:42 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 11:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28171 |
Actions (login required)
View Item |