Noviasari, Irma and , Drs. Joko Suwandi, SE., M.Pd, (2014) Efektivitas Model Pembelajaran Moving Class Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf Download (625kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (214kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (872kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) untuk mengetahui efektivitas atas penggunaan model pembelajaran moving class dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa, 2) untuk mengetahui efektivitas atas penggunaan model pembelajaran moving class dalam meningkatkan hasil belajar siswa, 3) untuk mengetahui kemandirian belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa, 4) untuk mengetahui efektivitas atas penggunaan model pembelajaran moving class dalam meningkatkan kemndirian belajar dan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunkan adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 95 siswa dengan sampel 75 siswa yang diambil yaitu probability sampling dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis jalur (path analysis), uji t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil dari analisis data diperoleh pada variabel model pembelajaran moving class pada hasil belajar sebesar 18% dan beta 0,425, variabel model pembelajaran moving class pada kemandirian belajar 34,1% dan beta 0,584, variabel kemandirian belajar pada hasil belajar sebesar 31,1% dan beta 0,558. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran moving class terhadap hasil belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung> ttabelyaitu 4, 007> 1,993 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000, 2) ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran moving class terhadap kemandirian belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung> ttabelyaitu 6,151 > 1,993 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000, 3) ada pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung> ttabel yaitu 5,744 > 1,993 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000. 4) pengaruh tidak langsung variabel model pembelajaran moving class terhadap variabel hasil belajar yang melalui variabel kemandirian belajar adalah sebesar 0,584 x 0,558 = 0,325. Untuk pengaruh tidak langsung variabel model pembelajar moving class terhadap hasil belajar sebesar 0,425. Jadi model pembelajaran moving class tidak bisa berpengaruh langsung harus melalui perantara kemandirian belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran moving class, kemandirian belajar, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Mar 2014 09:07 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 05:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28155 |
Actions (login required)
View Item |