Upaya Meningkatan Penguasaan Materi Pembentukan Harga Pasar Melalui Strategi Student Teams Achievement Division ( STAD ) Kombinasi Reading Guide Pada Proses Pembelajaran Ips Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013

Saputra, Nur Rohmad Dhoni and , Dra. Wafroturrohmah, SE, MM. (2013) Upaya Meningkatan Penguasaan Materi Pembentukan Harga Pasar Melalui Strategi Student Teams Achievement Division ( STAD ) Kombinasi Reading Guide Pada Proses Pembelajaran Ips Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (378kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (178kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (342kB)

Abstract

Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas Ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Gatak tahun ajaran 2012/2013 dengan penerapan metode pembelajaran Reading Guide kombinasi Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Di mana penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dimana setiap siklus dilakukan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan dan refleksi tindakan siklus. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan obyek yang diamati adalah siswa kelas VIII.G SMP Negeri 1 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumah 34 siswa Hasil penelitian mengenai penerapan metode Reading Guide kombinasi Student Teams Achievement Division sebelum tindakan diperoleh data sebesar 47,06% siswa yang tuntas atau diatas KKM. Pada siklus I tingkat diperoleh data hasil belajar siswa meningkat menjadi 64,70%. Dan pada siklus II diperoleh data hasil belajar siswa meningkat menjadi 85,29%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan penerapan metode Reading Guide kombinasi Student Team Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII G SMP N 1 Gatak diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Reading Guide, Strategi Student Teams Achievement Division, Pemahaman, Pembelajran IPS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Mar 2014 08:02
Last Modified: 23 Oct 2021 03:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28152

Actions (login required)

View Item View Item