Saputra, Nur Rohmad Dhoni and , Dra. Wafroturrohmah, SE, MM. (2013) Upaya Meningkatan Penguasaan Materi Pembentukan Harga Pasar Melalui Strategi Student Teams Achievement Division ( STAD ) Kombinasi Reading Guide Pada Proses Pembelajaran Ips Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (378kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (178kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (342kB) |
Abstract
Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas Ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Gatak tahun ajaran 2012/2013 dengan penerapan metode pembelajaran Reading Guide kombinasi Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Di mana penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dimana setiap siklus dilakukan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan dan refleksi tindakan siklus. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan obyek yang diamati adalah siswa kelas VIII.G SMP Negeri 1 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumah 34 siswa Hasil penelitian mengenai penerapan metode Reading Guide kombinasi Student Teams Achievement Division sebelum tindakan diperoleh data sebesar 47,06% siswa yang tuntas atau diatas KKM. Pada siklus I tingkat diperoleh data hasil belajar siswa meningkat menjadi 64,70%. Dan pada siklus II diperoleh data hasil belajar siswa meningkat menjadi 85,29%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan penerapan metode Reading Guide kombinasi Student Team Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII G SMP N 1 Gatak diterima.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Reading Guide, Strategi Student Teams Achievement Division, Pemahaman, Pembelajran IPS. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Mar 2014 08:02 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 03:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28152 |
Actions (login required)
View Item |