Perbedaan Peningkatan Indeks Massa Tubuh Pada Pasien Skizofrenia Yang Diterapi Obat Standar Dengan Obat Standar Ditambah Clozapine Di RSJD Surakarta

Mukti, Najib Rendra and , Prof. Dr. dr. H.M. Fanani, Sp.KJ (K) and , Dr. Erna Herawati, Sp.K.J. (2014) Perbedaan Peningkatan Indeks Massa Tubuh Pada Pasien Skizofrenia Yang Diterapi Obat Standar Dengan Obat Standar Ditambah Clozapine Di RSJD Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (767kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (485kB)

Abstract

Latar Belakang : Penggunaan obat antipsikotik secara terus menerus dapat mengakibatkan efek samping penambahan berat badan yang sekaligus meningkatkan Indeks Massa Tubuh (IMT). Peningkatan IMT yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai penyakit baru yang sangat erat dikaitkan dengan sindrom metabolik. Sehingga pada pasien skizofrenia meningkatnya IMT yang berlebihan akan meningkatkan angka morbiditas dan mortalitasnya. Penggunaan obat antipsikotik atipikal dapat mengakibatkan peningkatan IMT yang lebih tinggi daripada obat antipsikotik tipikal contohnya obat clozapine. Obat clozapine diberikan apabila penderita skizofrenia sudah intoleran atau tidak bereaksi lagi dengan obat-obat antipsikotik tipikal dan pemakaiannya dapat dikombinasikan. Tujuan : Untuk mengetahui perbedaan peningkatan indeks massa tubuh pada pasien skizofrenia yang diterapi obat standar dengan obat standar ditambah clozapine di RSJD Surakarta. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan case control dilakukan pada 64 subjek di Poliklinik RSJD Surakarta. Hasil : Didapatkan hasil p=0,025 (p<0,05) dengan rerata penggunaan obat standar sebesar 0,39 dan rerata penggunaan obat standar ditambah clozapine sebesar 0,88. Kesimpulan : Terdapat perbedaan peningkatan indeks massa tubuh yang bermakna pada pasien skizofrenia yang diterapi obat standar dengan obat standar ditambah clozapine di RSJD Surakarta, di mana penggunaan obat standar ditambah clozapine lebih tinggi peningkatan IMTnya dibandingkan penggunaan obat standar saja. Saran : Perlu dilakukan pemeriksaan secara teratur Indeks Massa Tubuh (IMT) pada pasien skizofrenia yang sedang mendapat pengobatan khususnya yang mendapat terapi obat clozapine.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Skizofrenia, clozapine, Indeks Massa Tubuh (IMT)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2014 07:26
Last Modified: 20 Oct 2021 03:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28148

Actions (login required)

View Item View Item