Sulistyaningrum, Rinna and , Dr. Sumardi, M.Si (2013) Penerapan Strategi Peer Lesson Untuk Peningkatan Keaktifan, Keberanian Dan Pemahaman Konsep Dalam Matematika Pada Siswa Kelas XI TKJ2 SMK N 1 Banyudono Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf Download (742kB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_1.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
||
PDF (Bab V)
bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (80kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (409kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan, keberanian dan pemahaman konsep dalam matematika dengan menerapkan strategi Peer Lesson bagi siswa kelas XI SMK N 1 Banyudono. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode observasi, catatan lapangan dokumentasi dan tes. Keabsahan atau validitas data yang digunakan peneliti adalah teknik trianggulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan keaktifan, keberanian dan pemahaman konsep dalam matematika yang dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) Keaktifan siswa dalam bertanya pada saat pembelajaran sebelum tindakan ada 4 siswa (11,43%), setelah tindakan menjadi 20 siswa (57,14%); (2) Keaktifan siswa dalam mengerjakan soal-soal tanpa disuruh guru sebelum tindakan ada 3 siswa (8,57%), setelah tindakan menjadi 15 siswa (42,85%); (3) Keberanian siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan guru sebelum tindakan ada 2 siswa (5,71%), setelah tindakan menjadi 13 siswa (37,14%); (4) Keberanian siswa dalam mengerjakan soal-soal di depan kelas sebelum tindakan ada 5 siswa (14,28%), setelah tindakan menjadi 20 siswa (57,14%); (5) Kemampuan siswa mengungkapkan kembali materi yang sudah diterima dari guru dengan bahasanya sendiri sebelum tindakan 1 siswa (2,85%), setelah tindakan menjadi 10 siswa (28,57%); (6) Kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep yang dipahami kedalam soal sebelum tindakan 2 siswa (5,71), setelah tindakan 24 siswa (68,57%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Peer Lesson dapat meningkatkan keaktifan, keberanian dan pemahaman konsep dalam matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peer lesson; keaktifan; keberanian; pemahaman konsep. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 11 Mar 2014 07:08 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28133 |
Actions (login required)
View Item |