Kontribusi Lingkungan Sekolah Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Dan Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 2 Gatak

Nugroho, Bayu Sapto and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2013) Kontribusi Lingkungan Sekolah Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Dan Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 2 Gatak. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (185kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (644kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis dan menguji kontribusi lingkungan sekolah dan tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi dan dampaknya pada hasil belajar matematika, dan (2) menguji kontribusi lingkungan sekolah dan tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi (3)menguji kontribusi motivasi terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Populasi kelas VII sebanyak 94 siswa SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo. Sampel sebanyak 76 siswa dengan menggunakan teknik proposional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket, dan test. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) ada kontribusi lingkungan sekolah dan tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar secara tidak langsung melalui motivasi memberikan sumbangan efektif sebesar 71,3%, kontribusi lingkungan sekolah terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui motivasi dengan nilai IE (Indirect Effect) 0,157, tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar matematika melalui motivasi dengan nilai IE 0,035. (2) ada kontribusi lingkungan sekolah dan tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi dengan α = 0,05, kontribusi lingkungan sekolah terhadap motivasi menghasilkan DE (Direct Effect) sebesar 0,471 > 0,05 dan kontribusi tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi menghasilkan DE (Direct Effect) sebesar 0,200 > 0,05, (3) ada kontribusi motivasi terhadap hasil belajar matematika dengan α = 0,05, menghasilkan DE sebesar 0,329> 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, lingkungan, motivasi, tingkat pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2014 06:03
Last Modified: 02 Nov 2021 23:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28128

Actions (login required)

View Item View Item