Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Permainan Kartu Huruf Pada Siswa Kelas III SDN Tunggulsari 1 No 72 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014

Sari, Dessy Dwitalia and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Permainan Kartu Huruf Pada Siswa Kelas III SDN Tunggulsari 1 No 72 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._Halaman_Depan.pdf

Download (724kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (788kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara jawa pada mata pelajaran Bahasa Jawa melalui model pembelajaran Quantum Teaching dengan permainan kartu huruf pada siswa kelas III SD Negeri Tunggulsari I Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN Tunggulsari I Surakarta yang berjumlah 24 siswa. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Tehnik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Model pembelajaran yang digunakan adalah Quantum Teaching dengan permainan kartu huruf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan pra siklus diperoleh hasil keterampilan menulis aksara jawa pada mata pelajaran Bahasa Jawa terbilang rendah. Siswa yang tuntas hanya 8 siswa atau sebesar 33,3% dari nilai KKM (> 65) yang ditentukan. Setelah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan permainan kartu huruf pada siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari : keterampilan menulis aksara jawa pada pra siklus 41,6%, siklus I 54,1% dan siklus II 87,5%. Kebenaran ejaan dalam penulisan aksara jawa pada pra siklus 50%, siklus I 58,3%, siklus II 83,3%. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya ketuntasan peningkatan hasil belajar yang diperoleh melebihi target yang diharapkan yaitu 75%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan permainan kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara jawa pada siswa kelas III SDN Tunggulsari I Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, menulis, quantum teaching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2014 05:55
Last Modified: 19 Oct 2021 05:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28127

Actions (login required)

View Item View Item