Yulianto, Dwi Erfian and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2014) Penerapan Metode Kontekstual Dengan Media Pembelajaran Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf Download (750kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf Download (154kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (432kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Surakarta pada materi teorema Pythagoras dengan metode kontekstual menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash. Jenis penelitian adalah PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai penelitian ini adalah siswa kelas VIIIa SMP Muhammadiyah 6 Surakarta, yang berjumlah 29 anak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini meliputi metode observasi, catatan lapangan, dan metode dokumentasi. Teknik analisi data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus-menerus dan triangulasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah adanya peningkatan keaktifan belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indicator keaktifan belajar siswa meliputi: 1) siswa yang berani bertanya sebelum tindakan 17,24%, pada siklus I meningkat menjadi 41,40%, dan pada siklus II meningkat menjadi 72,41%, 2) siswa yang memperhaitkan guru sebelum tindakan 34,48%, pada siklus I meningkat menjadi 51,72%, dan poada siklus II meningkat menjadi 82,76%, 3) siswa yang mau mengerjakan soal sebelum tindakan 27,59%, pada siklus I meningkat menjadi 48,28%, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,76%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode kontekstual dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, kontekstual, Macromedia Flash |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 11 Mar 2014 05:40 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 11:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28125 |
Actions (login required)
View Item |