Listyaningrum, Ari Anggraini and , Dr. Samino, M.M. (2014) Peningkatan Kreativitas Belajar Melalui Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN 1 Jumapolo Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (976kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (301kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (327kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (470kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : Meningkatkan kreatifitas belajar Bahasa Indonesia melalui penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas V SD Negeri 1 Jumapolo tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian ini berbentuk siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Jumapolo. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V SDN 1 Jumapolo sebanyak 28 siswa yaitu 17 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara,tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kreatifitas belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kreatifitas belajar awal siswa 39,28% dengan prosentase siswa yang mencapai KKM ada 42,86%. Pada siklus I kreatifitas belajar siswa meningkat menjadi 56,65% dan siswa yang mencapai KKM 60,71%. Siklus II kreatifitas belajar siswa mencapai 85,26% dan siswa yang telah mencapai KKM ada 85,71%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran tutor sebaya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kreatifitas belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar yang meningkat pula.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreatifitas, belajar, metode, tutor sebaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 10 Mar 2014 07:54 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 05:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28110 |
Actions (login required)
View Item |