Angelina, Bonita and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Peningkatan Tanggung Jawab Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Strategi Word Square Siswa Kelas IV SD Negeri Juwok 2 Sukodono Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (686kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (749kB) |
Abstract
pelajaran IPA melalui strategi Word Square siswa kelas IV SD Negeri Juwok 2 Sukodono Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Juwok 2 Sukodono yang berjumlah 21 siswa. Sebagai obyek penelitian adalah tanggung jawab siswa. Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi sumber dan trianggulasi metode. Dalam melakukan analisis data, penelitian ini menggunakan tiga komponen kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh terdapat peningkatan tanggung jawab yang dapat dilihat dari ketercapaian indikator yaitu: 1) siswa mengerjakan tugas dengan baik sebelum tindakan 28,57% menjadi 90,48% setelah tindakan, 2) bertanggung jawab atas setiap perbuatan sebelum tindakan 23,80% menjadi 76,19% setelah tindakan, 3) mengerjakan tugas kelompok secara bersama-sama sebelum tindakan 38,09% menjadi 85,71% setelah tindakan, 4) siswa yang nilainya lebih dari sama dengan KKM sebelum tindakan 42,86% menjadi 85,71% setelah tindakan. Dengan demikian, hasil penelitian yang dicapai dalam penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Word Square dapat meningkatkan tanggung jawab siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggung jawab, Word Square |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 10 Mar 2014 07:29 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 03:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28107 |
Actions (login required)
View Item |