Listyanto, Nurul Dwi and , Dr. Samino, M.M. (2014) Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Penerapan Media Tiga Dimensi Pada Siswa Kelas V SD N 2 Watugede Kemusu Boyolali Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Awal.pdf Download (266kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (183kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika melalui penerapan media tiga dimensi pada siswa kelas V SDN 2 Watugede tahun 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 2 Watugede. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan minat belajar matematika melalui penerapan media tiga dimensi yang dapat dilihat dari hasil observasi minat belajar pada setiap siklusnya yang mengalami peningkatan. Peningkatan minat terlihat dalam 4 indikator yaitu kesenangan siswa dalam pembelajaran pada pra siklus sebesar 33,33% dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 93,33%. Ketertarikan siswa dalam pembelajaran pada pra siklus sebesar 33,33% dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 86,67%. Perhatian siswa dalam proses pembelajaran pada pra siklus sebesar 26,67% dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 86,67%. Keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran pada pra siklus sebesar 33,33% dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 93,33%. Hasil belajar siswa juga meningkat pada pra siklus prosentase ketuntasan sebesar 46,67%, memasuki siklus I meningkat menjadi 73,33% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 93,33%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan media tiga dimensi dapat meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas V SDN 2 Watugede.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, belajar, matematika, media tiga dimensi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 10 Mar 2014 07:20 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 05:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28106 |
Actions (login required)
View Item |