Setyorini, Wiwik Nurhayati and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Mata Pelajaran Pkn Siswa Kelas V SD Negeri Ii Mojoreno Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (66kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas V SD Negeri II Mojoreno Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2013/2014 dengan menerapkan strategi pembelajaran Problem Based Learning. Dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam melaksanakan tindakan digunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik deskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dan hasil belajar pada mata pelajaran PKn dengan menerapkan strategi pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas V di SD Negeri II Mojoreno Kabupaten Wonogiri. Hal ini dapat dilihat dari kreativitas siswa pada mata pelajaran PKn yang terdiri dari 4 aspek, yaitu lancar dalam menjawab pertanyaan, berani berpendapat, percaya diri, dan penuh semangat. Siswa yang lancar dalam menjawab pertanyaan pada pra siklus sebanyak 38%; pada siklus I meningkat menjadi 49%; dan pada siklus II meningkat menjadi 81%. Siswa yang berani berpendapat pada pra siklus sebanyak 31%; pada siklus I meningkat menjadi 46%; dan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Siswa yang percaya diri pada pra siklus sebanyak 36%; pada siklus I meningkat menjadi 56%; dan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Siswa yang penuh semangat dalam pembelajaran pada pra siklus sebanyak 33%; pada siklus I meningkat menjadi 58%; dan pada siklus II meningkat menjadi 83%. Pada penelitian ini hasil belajar PKn juga mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada pra siklus nilai rata-rata kelas adalah 58 dan siswa yang mencapai KKM (65) sebanyak 28% atau 5 siswa; pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 67 dan siswa yang mencapai KKM (65) sebanyak 61% atau 11 siswa; dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 76 dan siswa yang mencapai KKM (65) sebanyak 89% atau 16 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas V SD Negeri II Mojoreno Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, pembelajaran, problem, based learning, kreativitas, hasil, belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 10 Mar 2014 06:38 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 05:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28103 |
Actions (login required)
View Item |