Setyawati, Rani and , Dian Purworini, S. Sos. MM (2014) Perempuan Dalam Media (Analisis Isi Kuantitatif Pemberitaan Mengenai Hedonisme Dan Seksualitas Perempuan Dalam Kasus Korupsi Kuota Impor Daging Sapi Oleh Luthfi Hasan Ishaaq Dan Ahmad Fathanah Di Situs Berita Online Detikcom Selama Bulan Mei 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (886kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (974kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (528kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (798kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (788kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
6._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Lampiran)
7._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (931MB) |
Abstract
Perempuan dalam media memiliki tempat yang penting, karena segala hal yang berkaitan dengan perempuan pasti menarik dan dapat dijadikan sumber berita. Namun tidak semuanya bisa dijadikan berita, karena media akan memilih peristiwa apa saja yang sesuai dengan nilai berita. Hal ini merupakan penerapan agenda setting oleh media, yaitu bahwa media mempunyai kemampuan untuk menyeleksi dan mengarahkan perhatian masyarakat pada gagasan atau peristiwa tertentu. Dalam penelitian ini, yang menjadi kajian utama adalah hedonisme dan seksualitas perempuan dalam pemberitaan kasus korupsi impor daging sapi yang dilakukan oleh Luthfi Hasan Ishaaq dan Aahmad Fathanah di situs DetikCom bulan Mei 2013. Hedonisme adalah pandangan bahwa kehidupan ini hanya mementingkan kesenangan belaka. Nilai hedonisme menjelaskan nilai instrumental uang, bagaimana hal-hal yang bisa kita beli dengan uang yang menandakan status dan membawa kita pada kesenangan. Sedangkan seksualitas merupakan segala sesuatu yang menyangkut tindakan seks, dorongan seks, perilaku seks, nafsu/birahi/gairah, sensualitas/erotisme, romantisme yang berkaitan dengan variabel biologis, psikologis, sosiologis dan spiritual, termasuk persepsi diri, harga diri, sejarah pribadi, kepribadian, konsep cinta dan keintiman dan citra tubuh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis isi untuk dapat mempelajari gambaran isi, karakteristik pesan dan perkembangan dari suatu isi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kecenderungan nilai hedonisme dan seksualitas perempuan dalam artikel berita kasus korupsi impor daging sapi oleh Luthfi Hasan Ishaaq dan Ahmad Fathanah di situs DetikCom pada bulan Mei 2013. Hasilnya menunjukkan bahwa kecenderungan nilai hedonisme paling banyak ditunjukan oleh kategori kendaraan: 87 kalimat (40,46%), perhiasan: 55 kalimat (25, 56%), nilai uang: 41 kalimat (19,07%) dan tempat tinggal: 32 kalimat (14,88%). Sedangkan kecenderungan nilai seksualitas paling banyak ditunjukkan oleh kategori seksualitas/erotisme: 50 kalimat (51,5%), citra tubuh: 29 kalimat (29,9%), perilaku/tindakan seks: 15 kalimat (15,5%) dan konsep cinta dan keintiman: 3 kalimat (3,1%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perempuan, Hedonisme, Seksualitas |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Maria Husnun Nisa |
Date Deposited: | 07 Mar 2014 11:56 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 03:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28085 |
Actions (login required)
View Item |