Setianingsih, Yunita Verawati and , Aryati Prasetyarini, S.Pd, M.Pd (2014) Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Media Flash Card Pada Kelompok B Di PAUD Gratis Asy-Syifa Cinderejo Lor Rt 01, Rw 05, Gilingan, Banjarsari, Surakarta Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (980kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf Download (196kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (105kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (623kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini di PAUD Gratis Asy-Syifa Gilingan, Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan media Flash Card dengan subyek anak kelompok B PAUD Gratis Asy-Syifa Gilingan, Surakarta yang berjumlah 12 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Observasi adalah mengamati pengembangan kemampuan membaca permulaan anak mulai dari sebelum ada tindakan, pada saat proses pembelajaran setelah ada tindakan, hingga pada akhir proses pembelajaran. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah PAUD Asy-Syifa Gilingan, Surakarta untuk mengetahui metode pembelajaran membaca permulaan di PAUD ASy-Syifa Gilingan, Surakarta, sedangkan dokumentasi digunakan untuk melihat keaktifan anak saat pembelajaran membaca permulaan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu perbandingan hasil prosentase pencapaian setiap anak dengan skor maksimum yang telah ditentukan melalui siklus-siklus. Berdasarkan hasil perhitungan tiap siklus tindakan pengembangan kemampuan membaca permulaan melalui media flash card diperoleh hasil pada sebelum dilakukan tindakan 25%, siklus I mencapai 34,72%, siklus II mencapai 73,91%, siklus III mencapai 93,6%. Dengan demikian upaya mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B PAUD Asy-Syifa Gilingan, Surakarta tahun ajaran 2013/2014 dikatakan berhasil karena hasil pada siklus III mencapai 93,6% melebihi target keberhasilan yaitu 80%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan membaca permulaan, flash card |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Mar 2014 12:53 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 07:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28008 |
Actions (login required)
View Item |